BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti12 Fasilitas yang Biasanya Ada di Perumahan
0
0

12 Fasilitas yang Biasanya Ada di Perumahan

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Agu 22, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Fasilitas umum perumahan adalah infrastruktur, sarana, dan prasarana yang disediakan di dalam area perumahan. Hal ini bertujuan memenuhi kebutuhan dasar dan kenyamanan para penghuni. Ketersediaan fasum ini ternyata menjadi aturan baku dari pemerintah bagi developer yang ingin membangun perumahan. Hal ini tertuang pada pasal 3 UU No 1 Tahun 2011 tentang perumahan dan permukiman.

Misalnya pada perumahan cluster tersedia sistem one gate dan CCTV yang menjaga 24 jam wilayah perumahan tersebut. Beberapa tipe perumahan lain seperti residence atau townhouse juga memiliki area terbuka atau taman bermain untuk anak-anak agar tetap nyaman beraktivitas outdoor di sekitar hunian.

Kehadiran fasum perumahan ini mampu meningkatkan nilai rumah tersebut. Semakin lengkap fasum yang dimiliki perumahan maka harga properti tersebut juga bisa semakin tinggi karena mampu mendukung gaya hidup penghuninya. Selain itu fasum dapat pula menciptakan lingkungan yang aman sekaligus sehat dan teratur. 

Fasilitas Keamanan

Ada beberapa fasilitas dalam perumahan yang cukup dipertimbangkan calon pembeli saat memutuskan membeli unit perumahan seperti sistem keamanan yang tersedia. Lantas, apa saja fasilitas umum dari segi keamanan yang bisa Pins jumpai di perumahan? Ini daftarnya!

1. Sistem Keamanan 24 Jam

Source : Pexels/Burst

Fasilitas keamanan yang memadai akan memberikan rasa aman dan nyaman apalagi jika Pins tinggal di perumahan residence yang padat penduduk. Dalam meminimalisir terjadinya tindak kriminal biasanya ada petugas keamanan 24 jam yang siap mengawasi dan merespon situasi darurat kapan saja.

Petugas keamanan ini juga aktif berpatroli khususnya di malam hari guna memastikan keamanan di sekitar perumahan. Mereka merespon cepat terhadap situasi yang mencurigakan dan memastikan peraturan keamanan diikuti. Untuk membantu pengawasan petugas keamanan, pada beberapa titik area perumahan juga dipasang CCTV.

Fungsinya adalah memonitor aktivitas sehari-hari sekaligus menyediakan bukti rekaman atas insiden atau tindakan kriminal yang terjadi di masa depan. Keberadaan CCTV sekaligus menjadi penghalang potensial khususnya bagi pelaku kejahatan karena mereka akan tahu bahwa segala tindak tanduknya dapat terekam.

2. Gerbang Portal Perumahan

Source : Pexels/Pixabay

Untuk menambah keamanan ekstra dalam kawasan hunian umumnya tersedia portal perumahan. Untuk membuat portal jalan di perumahan ini tidak boleh sembarangan, lho! Ternyata ada aturannya tersendiri yang merujuk pada Pasal 4 ayat 5 huruf b Peraturan Menteri Perumahan Rakyat No.10 Tahun 2010 tentang Acuan Pengelolaan Lingkungan Perumahan Rakyat.

Fungsi portal ini membantu petugas agar lebih mudah mengontrol akses ke dalam perumahan. Tidak sembarangan orang bisa masuk ke lingkungan tersebut sehingga resiko kejahatan bisa dikurangi secara maksimal. Portal menciptakan suasana privat bagi penghuni karena orang asing sulit untuk masuk perumahan tanpa izin.

Dari portal perumahan juga bisa menambah estetika dari kawasan perumahan tersebut. Developer membuat gerbang perumahan dengan konsep yang bervariasi disesuaikan dengan desain hunian di dalamnya.

Fasilitas Rekreasi

Selain menyediakan fasilitas keamanan, developer juga membangun fasilitas rekreasi. Tujuannya agar penghuni bisa lebih betah tinggal di perumahan tersebut serta menciptakan interaksi sosial antar penghuni. Berikut ini beberapa contoh fasilitas umum di perumahan dari segi rekreasi.

1. Taman dan Ruang Terbuka Hijau

Source : Pexels/Pixabay

Ruang terbuka hijau memberikan manfaat signifikan bagi penghuni terutama karena bisa digunakan sebagai tempat bersantai. Area ini bisa dijadikan tempat berinteraksi dengan penghuni lainnya. Selain bisa menikmati pepohonan rindang, Pins dapat pula berolahraga sekaligus berbincang dengan tetangga. Anak-anak pun mudah untuk diawasi karena lokasi tidak jauh dari tempat tinggal.

2. Area Bermain Anak

Source : Pexels/cottonbro studio

Bagi Pins yang sudah berkeluarga, kehadiran area bermain anak bisa menjadi poin plus perumahan tersebut. Area ini dapat dijadikan kawasan bermain yang aman sekaligus tempat bersosialisasi buah hati dengan anak-anak sebayanya. 

Taman bermain perumahan jauh dari jalan besar guna agar keselamatan anak-anak saat bermain tetap terjaga. Area bermain ini biasa diisi dengan ayunan, seluncuran, jungkat jungkit, tubes dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: 6 Tips Memilih Posisi Rumah di Perumahan dengan Tepat

3. Kolam Renang dan Pusat Kebugaran

Source : Shutterstock

Pins bisa menemukan fasilitas kolam renang dan pusat kebugaran seperti pada perumahan Mutiara Columbus yang ada di Bekasi ini. Berenang baik untuk kesehatan jantung dan melepas stress setelah beberapa hari sibuk bekerja.

Ada pula pusat kebugaran yang bisa Pins tuju untuk menjaga kesehatan tubuh. Tempat ini sangat dicari oleh penghuni yang ingin melakukan aktivitas olahraga di dalam ruangan. Penghuni tidak perlu lagi pergi jauh jika pusat kebugaran sudah tersedia dalam area perumahan.

4. Jogging Track

Source : Pexels/Ketut Subiyanto

Pada perumahan townhouse, fasilitas kesehatan yang disediakan umumnya jauh lebih lengkap. Selain ada kolam renang dan pusat kebugaran juga tersedia jogging track. Lintasan khusus jogging ini memberikan kenyamanan berolahraga di lingkungan perumahan.

Pins tidak perlu pergi ke jalan raya yang beresiko membahayakan keselamatan hanya untuk jogging. Lintasan jogging track memastikan penghuni aman saat berolahraga tanpa khawatir kendaraan yang berlalu-lalang.

5. Club House

Untuk meningkatkan sosialisasi antar penghuni tersedia pula Club House. Ini adalah fasilitas gedung yang dilengkapi berbagai ragam sarana prasarana modern. Club house umumnya memiliki ruang serbaguna bahkan co-working space yang menciptakan tempat untuk bersosialisasi sekaligus beraktivitas bersama keluarga. 

Fasilitas Lainnya

Fasilitas umum dalam perumahan ternyata juga meliputi pengelolaan lingkungan serta kebutuhan akan area parkir dan komersial. Hal ini pula yang bisa menjadi perbedaan perumahan cluster dan residence. Berikut macam-macam fasilitas lain yang ada di perumahan!

1. Pengelolaan Air Bersih

Source : Shutterstock

Sumber air bersih mempunyai peran penting dalam hunian karena mendukung berbagai kebutuhan sehari-hari termasuk konsumsi kita. Oleh karena itu pengelolaan sarana air bersih di perumahan harus memenuhi standar. Adanya water treatment plant menjamin tidak adanya masalah air tersumbat maupun air kotor.

2. Pengelolaan Sampah

pengelolaan sampah di perumahan
Source : Pexels/Anna Shvets

Selain pengelolaan air bersih, perumahan harus memiliki pengelolaan sampah yang baik. Setiap hunian harusnya memiliki wadah sampah dan pengolahan sampah terpadu. 

Dengan membeli unit di The Sanctuary Collection yang ada di kec. Babakan Madang di kab Bogor ini membuat Pins bisa tinggal nyaman, aman dan mendukung gaya hidup sehat karena memiliki manajemen air dan sampah yang mumpuni.

3. Tempat Ibadah

Source : Pexels

Pihak developer umumnya membangun fasilitas tempat ibadah agar penghuni bisa melakukan ibadah tanpa harus jauh-jauh ke luar perumahan. Tempat ibadah ini bisa berupa mushola atau masjid, gereja dan sebagainya. Pins bisa menemukan fasilitas tambahan ini pada daftar perumahan di Balikpapan atau kota besar lainnya di Indonesia.

4. Area Komersial

Kehadiran pusat perbelanjaan membantu penghuni dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Area komersial biasa ditemukan pada perumahan townhouse yang terdiri atas ruko (rumah toko) yang ditempati tenant seperti minimarket, apotek, klinik kesehatan dan restoran. Adanya restoran dekat tempat tinggal diharapkan bisa  sebagai tempat hangout yang nyaman bersama orang tersayang.

Baca juga: Fasilitas Komersil di Perumahan

5. Area Parkir

fasilitas parkir perumahan
Source : Pexels/Engin Akyurt

Setiap unit perumahan memiliki area parkir masing-masing namun pada perumahan elit umumnya ada halaman parkir tersendiri untuk para tamu. Pins bisa menemukan fasilitas tambahan ini pada perumahan mewah yang ada di Makassar.

Adanya area parkir di perumahan ini sangat penting khususnya bagi para tamu. Memarkirkan kendaraan di jalan perumahan memiliki potensi mengganggu lalu lintas pada kompleks tersebut. Adanya lahan parkir tersendiri mampu menjaga ketertiban di lingkungan perumahan serta mencegah terjadinya parkir liar.

Siapa yang punya fasilitas umum di perumahan?

Fasilitas umum dalam perumahan sengaja dibangun oleh developer guna menyokong aktivitas penghuni. Fasum ini tidak dimiliki secara individu melainkan diatasnamakan sebagai fasilitas bersama yang memberikan hak kepada semua penghuni untuk memakainya.

Apa saja fasos fasum di perumahan?

Fasos fasum yang ada di perumahan dapat terdiri atas sistem keamanan terpadu seperti petugas dan pos keamanan, ruang terbuka hijau, area bermain anak, tata kelola air bersih dan sampah dan sebagainya.

Apa perbedaan fasilitas perumahan subsidi dan perumahan biasa?

Fasum di perumahan subsidi tidak sebanyak yang ada di perumahan komersial. Fasum perumahan subsidi terdiri atas pos keamanan, tempat ibadah dan ruang terbuka hijau. Sementara perumahan komersial biasa dilengkapi dengan sarana olahraga dan keamanan yang lebih lengkap dan canggih.

Feature Image Source: Pexels/Agung Pandit Wiguna

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download