BlogPemilik PropertiDesain HunianKisaran Harga Kitchen Set Per Meter Berdasarkan Materialnya
0
0

Kisaran Harga Kitchen Set Per Meter Berdasarkan Materialnya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Sep 2, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
harga kitchen set per metertop-right-banner

Ruang dapur dapat terlihat lebih sempurna pada saat diberikan beberapa furniture di dalamnya. Salah satunya yaitu terdapatnya bagian kitchen set. Baik itu ruang dapur dengan letter u ataupun terbatas, kebutuhan kitichen set memang terlihat begitu diperlukan. Pada artikel kali ini, Pinhome akan membahas tentang harga kitchen set per met sesuai dengan materialnya.

Terdapat banyak sekali fungsi dari kitchen set jika diaplikasikan pada ruangan dapur. Selain itu bahan dari pembuatan kitchen set sendiri mulai beragam. Bahkan setiap bahan dapat disesuaikan dengan dana Kamu sendiri.

Hal ini berarti, walaupun dana Kamu terbatas. Akan tetapi, sebenarnya masih dapat digunakan untuk membeli kitchen set. Dimana nantinya setiap material atau bahan pembuatan kitchen set selalu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Seiring berjalannya waktu, desain dari kitchen set sendiri semakin beragam. Jadi buat Kamu yang masih bingung untuk menentukan desain kitchen set, baca artikel ini sampai habis ya!

Pins bisa memilih unit-unit di Pinhome seperti rumah di Pesona Ciputih atau rumah di Bogor lainnya. Tidak hanya rumah baru, Pins juga bisa mempertimbagkan rumah bekas seperti rumah second di Jakarta Pusat. Inspirasi rumah nyaman dan cantik lainnya juga dapat Pins temukan di Rumah Ekslusif, kumpulan rumah pilihan untuk kamu dari Pinhome.

Baca juga: 

Pengertian Kitchen Set

harga kitchen set per meter
Source : Pixabay

Sebutan kitchen set memang telah lama digunakan untuk furniture khususnya dapur. Bahkan kepopuleran dari furniture kitchen set sendiri juga semakin meningkat. Secara gampangnya, kitchen set merupakan sebuah tempat penyimpanan peralatan dapur.

 Saat ini banyak kitchen set yang terbuat dari berbagai macam pilihan material atau bahan. Jadi sebelum Kamu memutuskan memilih kitchen set. Sebaiknya Kamu memahami dengan baik bagaimana karakteristik dari setiap material kitchen set itu sendiri.

Tidak hanya itu, kitchen set juga terdapat dua tipe. Tipe kitchen set yang dapat bertahan pada dapur basah dan tipe kitchen set yang hanya dapat digunakan untuk dapur kering. Penggunaan kitchen set juga dapat dipadukan dengan meja makan atau meja bar. Kemudia berikan sentuhan lampu atau furniture pendukung lain juga dapat memberikan kesan yang berbeda pada dapur tersebut.

Material Kitchen Set

Seperti yang telah dijelaskan di atas jika pada proses pembuatan kitchen set selalu mempunyai bahan material yang berbeda-beda. Bahkan karakteristik dari setiap material yang digunakan juga berbeda-beda.

Perlu dipahami juga jika harga dari setiap material pembuatan kitchen set juga terlihat begitu variasi. Hal ini juga menjadi sebuah keutungan tersendiri bagi Kamu untuk menyesuaikan pembelian kitchen set sesuai dengan dana yang dimiliki.

Nah mungkin sebagian dari Kamu masih bingung bahan apa saja yang digunakan untuk membuat kitchen set serta harga yang ditawarkan. Agar Kamu mengetahui lebih jauh mengenai bahan dan harga peralatan dapur. Maka penjelasan dibawah ini akan memudahkan Kamu dalam mempelajarinya.

1. Multiplek

harga kitchen set per meter
Source : Sweeten

Multiplek adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat furniture seperti kitchen set. Dimana bahan multiplek ini juga kerap disebut dengan nama plywood. Bisa dibilang juga material multiplek merupakan yang paling baik jika dibandingkan material lain yang digunakan untuk membuat furniture seperti kitchen set.

Bahan dasar pembuatan material multiplek adalah kulit kayu berlapis yang nantinya akan disusun dan dilakukan prosess squeezing bertekanan tinggi. Banyak kayu yang bisa dibuat menjadi material multiplek seperti kayu meranti yang terkenal karena kekuatan dan ketahanannya.

Bahan multiplek sendiri mempunyai ketebalan yang beragam. Mulai dari 3 hingga 18 millimeter. Harga dari fabric multiplek juga begitu bervariatif.

Kelebihan

Multiplek merupakan salah satu bahan yang tahan terhadap serangan air. Dimana hal ini karena tekstur dari bahan multiplek begitu rapat. Tak heran jika kitchen set yang terbuat dari bahan multiplek selalu digunakan pada area dapur basah.

Penyusunan bahan baku multiplek dibuat lebih kokoh di bagian luar dibandingkan pada bagian dalam. Hal tersebut agar material multiplek tidak mudah ditekuk dan tetap tahan dari kondisi pemuaian.

Setidaknya jangkauan waktu ketahanan dari material multiplek adalah selama 10 tahun lamanya.

Kekurangan

Karena bahan multiplek memiliki karakteristik kekuatan yang begitu tinggi. Maka harga yang ditawarkan juga juga terbilang cukup tinggi.

2. Blockboard

Source : Pixabay

Selanjutnya terdapat material blockboard, dimana material ini terbilang mirip dengan multiplek. Namun, jika dilihat lebih rinci lagi, material blockboard dan multiplek sebenarnya mempunyai perbedaan.

Perbedaan dari kedua material ini sebenarnya terdapat pada bagian penyusunan bahan baku. Dimana penyusunan potongan kayu untuk material multiplek merupakan secara vertical. Sedangkan blockboard disusun secara horizontal.

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang dipunyai oleh material blockboard yaitu dari segi ketahanan terhadap serangan air. Jika dibandingkan dengan material multiplek, harga dari material blockboard jauh lebih terjangkau.

Sehingga jika Kamu memang ingin mempunyai kitchen set tahan terhadap air namun dengan dana yang lebih kecil. Material blockboard dapat dijadikan sebagai pilihan alternative.

Kekurangan

Walaupun terbilang tahan lama, akan tetapi material ini masih saja mempunyai ketahanan yang jauh dibawah material multiplek.

3. MDF

Source : Dainty Dress Diaries

Medium Density Fiberboard atau MDF merupakan salah satu material yang dapat digunakan untuk membuat furniture seperti kitchen set. Pembuatan material MDF sendiri yaitu dari serbuk kayu yang mengalami proses pressing bertekanan tinggi.

Kelebihan

Mulai dari harga sebenanya material ini terbilang lebih terjangkau. Tidak hanya itu, tekstur luar yang diberikan oleh material ini juga terbilang lebih halus. Menariknya material MDF juga begitu presisi ketebalannya dan juga lebih fleksibel.

Kekurangan

Tidak tahan terhadap air merupakan salah satu kekurangan dari material ini. Oleh karena itu, pada saat Kamu memustukan menggunakan kitchen set dengan bahan MDF. Maka sangat disarankan untuk diletakkan pada dapur kering.

4. HPL

Source : Gavin Furniture

HPL atau dapat disebut dengan High Pressure Laminate merupakan salah satu material pelapis paling luar dari furniture seperti kitchen set. Material ini terbuat dari resin dan decorative paper. Menariknya adanya material HPL pada sebuah furniture seperti kitchen set akan terlihat lebih berwarna. Hal ini dikarenakan material ini memang mempunyai pilihan warna yang banyak.

Kelebihan

Selain mempunyai banyak warna, material ini juga begitu mudah untuk diaplikasikan. Tidak hanya itu, pasalnya material HPL juga aman terhadap lingkungan dan mudah untuk dibersihkan. Dari segi harga, material ini dibandrol dengan harga yang cukup bersaing.

Kekurangan

Walaupun mempunyai pilihan warna yang banyak. Akan tetapi untuk tahap finishing yang diberikan, material ini terbilang masih kalah dengan jenis lain seperti cat duco.

5. Decosheet

Source : BUILD LLC

Tak hanya HPL saja, namun material decosheet juga memiliki bentuk lembaran. Namun material yang digunakan untuk membuat material decosheet adalah plastik dengan ketebalan yang lebih tipis dibandingkan dengan material HPL.

Kelebihan

Kelebihan yang dimiliki oleh material decosheet pada furniture kitchen set adalah lebih fleksibel dan tidak mudah mengelupas..

Kekurangan

Agar material decosheet bisa bertahan dengan lama diperlukan pengerjaan dan perawatan terbaik. Sebab kekurangan dari material decosheet adalah ketika tidak dikerjakan dan dirawat dengan baik bisa lebih muda mengelupas.

6. Cat Duco

Source : Pixabay

Terakhir ada material cat duco yang bisa digunakan juga dalam pembuatan furniture kitchen set. Namun dari segi harga yang diberikan, cat duco adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis material lainnya.

Akan tetapi di luar itu semua tampilan yang diberikan oleh kitchen set dengan material cat duco selalu lebih elegan. Tidak hanya itu material cat duco juga terbilang cukup tahan lama. Walaupun memang dalam proses pembuatannya juga membutuhkan waktu.

Kelebihan

Material cat duco mampu memberikan dua tipe pilihan yaitu tipe glossy dan doff. Selain itu material cat duco juga kerap mendapatkan inovasi seperti marmet dan juga granit.

Kekurangan

Salah satu kekurangan dari material cat duco adalah dari segi harga. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika harga dari material cat duco terbilang cukup mahal dibandingkan dengan beberapa material lain.

Kisaran Harga Kitchen Set Per Meter Sesuai Bahan

Seperti yang telah dijelaskan, setiap material atau bahan yang digunakan untuk membuat furniture kitchen set akan mempunyai harga yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut biasanya dipengaruhi oleh kekurangan dan kelebihan dari setiap material yang ada.

Rata-rata perhitungan harga material pembuatan furniture kitchen set yaitu per meter. Di bawah ini merupakan beberapa kisaran harga dari furniture kitchen set sesuai dengan bahan yang diaplikasikan.

  • Furniture kabinet frame dengan bahan blockboard dengan finishing HPL akan dibandrol dengan kisaran harga Rp. 1,8 juta per meter.
  • Furniture kabinet frame dengan bahan multiplek dengan finishing HPL akan dibandrol dengan kisaran harga Rp 2 juta per meter.
  • Furniture kabinet bawah dengan bahan blockboard akan dibandrol dengan harga kisaran Rp. 1,8 juga per meter.
  • Furniture kabinet bawah dengan bahan multiplek akan dibandrol dengan harga kisaran Rp. 2 juta per meter.
  • Furniture kabinet atas dengan bahan blockboard akan dibandrol dengan harga kisaran Rp. 1,6 juta per meter.
  • Furniture kabinet atas dengan bahan multiplek akan dibandrol dengan harga kisaran Rp. 1,8 juta per meter.
  • Furniture top table dengan bahan marmer atau granit akan dibandrol dengan harga kisaran Rp. 1.3 jt per meter.

Kesimpulan

Itulah beberapa kisaran harga dari furniture kitchen set yang dibuat dengan macam bahan yang berbeda. Akan tetapi perlu dipahami juga jika setiap tempat pembuatan atau penjualan furniture kitchen set selalu mempunyai perbedaan harga.

Oleh karena itu lebih baik jika Kamu membandingkan antara setiap tempat yang ada. Hal ini juga dapat mempermudah Kamu dalam mendapatkan harga yang terbilang cukup terjangkau. Akan tetapi setidaknya beberapa contoh kisaran harga di atas dapat sedikit membantu perkiraan dana yang dibutuhkan dalam membeli atau membuat furniture kitchen set. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Crown Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download