BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa RumahMengapa Rumah Sulit untuk Dijual: Tips Agar Cepat Laku

Mengapa Rumah Sulit untuk Dijual: Tips Agar Cepat Laku

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 6, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
mengapa rumah sulit dijual

Dalam dunia properti, menjual rumah bisa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak pemilik. Berbagai faktor bisa menjadi penyebab mengapa rumah sulit untuk dijual, mulai dari kondisi pasar hingga karakteristik rumah itu sendiri.

Pinhome kali ini akan membahas secara mendalam mengapa rumah sulit untuk dijual. Lalu apa saja alasannya?

5 Alasan Mengapa Rumah Sulit untuk Dijual

Berikut beberapa alasan umum mengapa rumah sulit untuk dijual:

1. Pemasaran Tidak Efektif

Proses penjualan merupakan salah satu alasan utama mengapa rumah sulit untuk dijual. Padahal dengan strategi dan metode yang tepat, Pins bisa menjangkau banyak calon pembeli. Misalnya memanfaatkan sosial media ataupun aplikasi seperti Pinhome.

Dengan Pinhome kamu bisa mencari banyak rumah eksklusif dengan kriteria yang diinginkan ataupun menjual properti kamu sendiri. Caranya pun juga sangat mudah, kamu hanya perlu mendownload aplikasi Pinhome di Playstore ataupun App Store secara gratis.

cara pasang iklan di Pinhome
Source : Pinhome

Kemudian, daftar akun baru menggunakan nomor handphone kamu dan masukan kode verifikasi yang akan dikirimkan tim Pinhome melalui SMS atau whatsapp.

Setelah berhasil mendaftar, kamu bisa kebagian tab Jual & Sewa dan klik Pasang Iklan yang ada di pojok kiri atas.

cara pasang iklan di Pinhome
Source : Pinhome

Tentukan spesifikasi atau detail properti yang ingin kamu jual. Mulai dari tipe properti, tipe iklan, jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi, luas tanah, luas bangunan, perabot, sertifikat, lokasi hingga harga yang ditawarkan.

cara pasang iklan di Pinhome
Source : Pinhome

Setelah semuanya selesai, klik Pasang Iklan dan property yang kamu ingin kamu jual sudah tayang di aplikasi Pinhome.

cara pasang iklan di Pinhome
Source : Pinhome

Untuk memastikan kebenaran data yang kamu masukan, tim Pinhome akan memverifikasi dalam beberapa menit mengenai properti yang kamu iklankan. Kamu juga bisa melihat data analisa berapa banyak orang yang melihat dan menyimpan iklan kamu.

cara pasang iklan di Pinhome
Source : Pinhome

Selain itu, Pinhome juga memiliki agen properti yang bisa membantu memasarkan properti yang kamu iklankan.

2. Harga

mengapa rumah sulit dijual
Source : Pexels

Faktor kedua yang bisa menjadi penyebab rumah sulit untuk dijual adalah harga. Menetapkan harga jual yang terlalu tinggi dibandingkan nilai pasar sering menjadi penghambat utama dalam penjualan rumah. Pins perlu melakukan penilaian pasar yang akurat untuk menetapkan harga yang kompetitif dan realistis sesuai dengan kondisi pasar saat ini. Bisa juga mencari tahu bagaimana cara menghitung harga tanah per meter dan harga rumah.

Harga yang tidak sesuai dengan kondisi aktual rumah juga dapat menjadi masalah. Calon pembeli akan membandingkan kondisi fisik rumah dengan harga yang diminta. Jika terdapat ketidaksesuaian, hal ini bisa membuat potensi pembeli berpikir dua kali.

3. Lokasi

mengapa rumah sulit dijual
Source : Pexels

Lokasi memainkan peran penting dalam menentukan nilai sebuah properti. Rumah yang berada di lokasi yang kurang strategis atau terpencil seringkali tidak begitu diminati oleh calon pembeli karena pertimbangan aksesibilitas dan kenyamanan. 

Selain itu, ketika akses ke lokasi rumah sulit atau fasilitas umum seperti sekolah, pusat perbelanjaan, atau layanan kesehatan minim, hal ini bisa menurunkan daya tarik rumah tersebut bagi pembeli. 

Sebagai contoh, ketika rumah berada jauh dari sekolah atau pusat perbelanjaan, calon pembeli dengan anak-anak mungkin akan mempertimbangkan hal tersebut sebagai kekurangan. Oleh karena itu, lokasi yang baik dengan akses yang mudah ke fasilitas umum umumnya lebih diminati oleh pembeli properti.

Baca juga: 

4. Kondisi Rumah

mengapa rumah sulit dijual
Source : Pexels

Alasan selanjutnya mengapa rumah sulit untuk dijual adalah kondisi rumah. Rumah yang memerlukan banyak renovasi atau perbaikan menjadi kurang menarik di mata pembeli karena mereka harus mempertimbangkan biaya tambahan untuk membuat rumah tersebut menjadi layak atau sesuai dengan keinginan mereka.

Sebelum menjual rumah, Pins bisa mempertimbangkan untuk merenovasi rumah. Pelajari juga cara menghitung biaya renovasi rumah sehingga Pins bisa mendapatkan gambaran berapa harga rumah nantinya.

Tata letak yang tidak efisien atau desain yang ketinggalan zaman juga dapat mengurangi minat pembeli. Pembeli cenderung mencari rumah yang siap huni dengan desain yang modern dan fungsi ruang yang maksimal.

5. Permintaan Pasar

mengapa rumah sulit dijual
Source : Pexels

Pasokan dan permintaan di pasar properti berpengaruh besar terhadap kemudahan penjualan rumah. Jika permintaan untuk jenis rumah tertentu rendah, maka akan lebih sulit untuk menemukan pembeli.

Persaingan yang tinggi dari rumah lain yang dijual di area yang sama dapat membuat proses penjualan menjadi lebih menantang. Penjual perlu menonjolkan keunikan atau kelebihan rumah mereka untuk menarik minat pembeli.

Mengatasi faktor-faktor penyebab mengapa rumah sulit untuk dijual membutuhkan strategi yang cermat dan seringkali beberapa penyesuaian pada aspek harga, promosi, dan kondisi rumah itu sendiri. Dengan pendekatan yang tepat, Pins dapat meningkatkan peluang untuk menjual rumah mereka dengan sukses.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download