BlogPemilik Properti10 Hal Kecil yang Menjadi Penyebab Listrik Boros

10 Hal Kecil yang Menjadi Penyebab Listrik Boros

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
penyebab listrik boros

Penyebab listrik boros adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari Pins, tetapi seringkali Pins tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari Pins dapat menjadi penyebab borosnya penggunaan listrik. 

Sebelum mengulas apa penyebab listrik boros. Ada properti menarik yang bisa Pins pertimbangakan di Rumah Ekslusif ini seperti Bali Resort Tangerang atau perumahan di Tangerang Selatan yang memiliki lingkungan asri.

Tidak hanya itu, ada rumah second di Kota Tangerang yang memiliki lokasi strategis. Sehingga mempermudah Pins dan keluarga untuk mengunjungi pusat perbelanjaan atau sarana lainnya.

Borosnya penggunaan listrik tidak hanya merugikan lingkungan, tetapi juga dapat memberatkan tagihan bulanan Pins. Berikut adalah 10 hal kecil yang sering diabaikan namun dapat menjadi penyebab listrik boros Pins.

Baca juga: Pengertian dan Biaya Jasa Geolistrik untuk Cari Sumber Air dengan Tepat

10 Hal Kecil yang Menjadi Penyebab Listrik Boros

Source : iStock

Berikut adalah hal penyebab listrik boros dan mengakibatkan Pins boros. Yuk, simak ulasan ini selengkapnya Pins

1. Peralatan Standby

Source : iStock

Peralatan yang sering kali diabaikan adalah perangkat elektronik yang tetap menyala dalam mode standby, seperti televisi, charger, dan peralatan elektronik lainnya. Meskipun mungkin terlihat sepele, kebiasaan meninggalkan peralatan dalam mode standby dapat menjadi sumber pemborosan daya yang signifikan. 

Peralatan tersebut, meskipun tidak aktif, masih mengonsumsi daya listrik. Oleh karena itu, sangat penting untuk mematikan peralatan ini sepenuhnya ketika tidak digunakan. Selain mematikan peralatan secara manual, penggunaan steker cerdas juga bisa menjadi solusi efektif. 

2. Penggunaan Lampu yang Tidak Efisien

Source : iStock

Lampu adalah salah satu penyebab listrik boros utama di rumah. Penggunaan lampu yang tidak efisien, seperti lampu pijar atau lampu neon, dapat menyebabkan pemborosan daya yang cukup besar. Solusi yang sederhana namun efektif adalah beralih ke lampu LED yang lebih efisien energi.

Lampu LED tidak hanya lebih hemat energi, tetapi juga memiliki umur pakai yang lebih lama daripada lampu tradisional. Selain itu, kebiasaan untuk mematikan lampu saat tidak diperlukan dan memanfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin juga dapat membantu mengurangi penggunaan listrik secara keseluruhan.

3. Tidak Mematikan Peralatan Elektronik

Source : EL MIRA

Membiarkan peralatan elektronik tetap hidup, bahkan saat tidak digunakan, dapat menyumbang penyebab listrik boros. Selalu matikan peralatan saat selesai digunakan.

Agar lebih efisien, disarankan untuk selalu mematikan peralatan elektronik saat selesai digunakan. Pemanfaatan fitur otomatisasi, seperti penjadwalan untuk mematikan peralatan pada waktu tertentu, dapat membantu mengurangi kecenderungan meninggalkan perangkat hidup tanpa sengaja.

Baca juga: 10 Penyebab Korsleting Listrik yang Sering Terjadi di Rumah

4. Penggunaan Oven dan Microwave

Source : iStock

Gunakan oven dan microwave dengan bijak. Oven membutuhkan banyak energi dan kadang menjadi penyebab listrik boros, sehingga pertimbangkan untuk menggunakan microwave atau peralatan lain yang lebih efisien untuk tugas-tugas memasak kecil.

Selain itu, praktik memasak secara efisien, seperti menggunakan penutup pada panci atau penggunaan oven toaster untuk memanggang makanan kecil, dapat membantu mengurangi waktu dan energi yang digunakan dalam proses memasak.

5. Penggunaan AC dan Pemanas yang Berlebihan

Source : Freepik

Atur suhu AC dan pemanas sesuai kebutuhan. Jangan biarkan perangkat ini bekerja terus-menerus jika tidak diperlukan. Menggunakan tirai atau blinds juga dapat membantu mengatur suhu ruangan.

Tidak hanya itu, penggunaan tirai atau blinds secara pintar juga dapat membantu mengatur suhu ruangan. Mengizinkan cahaya matahari masuk dapat memberikan pemanasan alami di musim dingin. Sedangkan menutup tirai dapat membantu menjaga kelembaban dan mendinginkan ruangan di musim panas. 

6. Tidak Membersihkan Filter AC

Source : Freepik

Filter AC yang kotor dapat menghambat aliran udara dan membuat perangkat bekerja lebih keras, mengonsumsi lebih banyak energi dan menjadi penyebab listrik boros. Pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter secara teratur.

7. Penggunaan Kulkas yang Tidak Efisien

Source : Pixabay

Pastikan pintu kulkas tertutup rapat dan atur suhu kulkas sesuai kebutuhan. Jangan biarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama, karena hal ini dapat meningkatkan beban kerja kulkas dan menjadi penyebab listrik boros.

Baca juga: Daftar Harga Microwave Hemat Listrik yang Super Awet

8. Penggunaan Mesin Cuci dan Pengering yang Tidak Efisien

Source : Shutterstock

Gunakan mesin cuci dan pengering dengan kapasitas penuh untuk mengoptimalkan penggunaan energi. Juga, pertimbangkan untuk menggantung pakaian untuk pengeringan alami agar tidak menjadi bagian apa penyebab listrik boros.

9. Tidak Mematikan Charger Setelah Pengisian

Source : USA Today

Banyak dari Pins memiliki kebiasaan meninggalkan charger terhubung ke stop kontak setelah pengisian selesai. Hal ini mungkin terlihat sepele, tetapi charger yang terus terhubung dapat tetap mengonsumsi daya listrik, meskipun perangkat yang diisi daya sudah terlepas. 

Ini disebabkan oleh adanya arus listrik yang tetap mengalir melalui charger, menyebabkan pemborosan energi yang tidak perlu.Penting untuk diingat bahwa, bahkan ketika tidak ada perangkat yang diisi daya, charger yang terhubung ke stopkontak dapat menyebabkan pemborosan daya yang signifikan dalam jangka waktu yang panjang.

10. Penggunaan Alat Elektronik Kuno

Source : iStock

Perangkat elektronik lama mungkin tidak efisien energi dan menjadi penyebab listrik boros. Pertimbangkan untuk menggantinya dengan perangkat yang lebih baru dan lebih efisien. Saat mempertimbangkan untuk menggantikan perangkat elektronik kuno, perhatikan label efisiensi energi dan teknologi terbaru yang ditawarkan. 

Perangkat baru cenderung memenuhi standar efisiensi energi yang lebih tinggi dan seringkali dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Oleh karena itu membantu mengoptimalkan penggunaan daya.

Dengan mengadopsi kebiasaan-kebiasaan sederhana ini, Pins dapat berkontribusi pada penghematan energi, dan pada akhirnya mengurangi tagihan listrik bulanan Pins. Kesadaran dan tindakan kecil ini dapat membuat perbedaan besar dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat Pins!

Baca juga: 5 Penyebab Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa, Begini Solusinya!

Source Feature Image: Depositphotos


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Kebun Raya Cibinong dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download