BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiPerbedaan Perumahan Cluster dan Residence
0
0

Perbedaan Perumahan Cluster dan Residence

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Agu 21, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memahami perbedaan perumahan cluster dan residence ternyata menjadi hal penting bagi siapa pun yang ingin beli rumah di INdonesia. Pasalnya, Indonesia kini menghadapi tantangan dalam penyediaan lahan tempat tinggal di negara dengan populasi yang sangat besar ini.

Bagaimana tidak, negara ini memiliki total daratan yang mencapai lebih dari 1,8 juta kilometer persegi dan kepadatan penduduk yang melebihi 140 jiwa per kilometer persegi. Sementara itu, ketersediaan lahan semakin terbatas. Kondisi ini mendorong para pengembang untuk terus berinovasi alam menciptakan berbagai tipe kawasan perumahan guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam.

Itu sebabnya, penting untuk memahami bedanya cluster dan perumahan lainnya, termasuk residence dan cluster. Dengan begitu, kamu bisa menemukan hunian yang sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, serta kemampuan finansial. Cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa Perbedaan Perumahan Cluster dan Residence?

Perumahan cluster adalah perumahan yang terdiri atas beberapa sub atau kawasan. Pada setiap subnya ada banyak hunian dengan tipe yang serupa dilengkapi fasilitas penunjang. Sedangkan residence ialah rumah yang dibangun pada komplek tertentu dengan jumlah unit bisa mencapai ratusan rumah. 

Adapun perbedaan perumahan cluster dan residence lainnya bisa Pins simak dalam poin berikut!

1. Desain dan Konsep

Source : Pxhere

Perumahan residence memiliki desain yang minimalis dan unitnya cenderung lebih kecil daripada cluster. Walaupun ukuran dan desainnya serupa namun pemilik unit boleh melakukan renovasi atau mengubah desain awal hunian.

Berbeda dengan cluster yang tidak mengizinkan pemilik merenovasi fasad hunian sebab akan mengubah keseragaman desain yang menjadi daya tarik tipe perumahan ini. Sub cluster satu dan lainnya dapat memiliki desain berbeda yang diklasifikasikan atas ukuran maupun konsep hunian.

Hunian cluster tidak memiliki pagar namun menerapkan one gate system. Berbanding terbalik dengan unit di perumahan residence yang bisa memiliki pagar sesuai preferensi pemilik unit tersebut.

2. Lokasi

Source : Pexels

Dalam memilih tempat tinggal, lokasi sering jadi faktor penentu calon pembeli. Pembeli umumnya akan mencari hunian dengan akses yang mudah ke berbagai fasilitas umum juga mendukung aktivitas bisnis dan kehidupan sehari-hari. 

Dalam membangun cluster, developer cenderung memilih lokasi yang dekat dengan pusat kota. Perumahan cluster berada di kawasan perkotaan yang ramai atau area khusus pemukiman seperti Cluster Sevilla BSD.

Sementara residence terletak di sub urban atau pinggiran kota. Tinggal di lokasi sub urban tidak selalu rugi sebab kini infrastruktur di area tersebut sudah sangat berkembang. Ada banyak residence yang juga dibangun dekat terminal bus, bandara maupun stasiun kereta api. 

Dengan begitu untuk menuju pusat kota menggunakan moda transportasi umum juga semakin mudah. Contoh perumahan residence yang bisa Pins jadikan referensi antara lain perumahan Premier Residence.

3. Jumlah Unit

Source : Pexels

Perbedaan perumahan cluster dan residence selanjutnya dapat terlihat jelas dari jumlah unit rumah yang tersedia. Jumlah unit residence lebih banyak daripada cluster karena mampu mencapai puluhan bahkan ratusan.

Jarak antar rumah residence berdekatan sehingga privasi antar tetangga dirasa kurang terjamin daripada cluster. Hunian di perumahan cluster terbatas bahkan hanya mencapai puluhan unit saja. Privasi setiap penghuni terjaga sebab ada keterbatasan akses masuk dalam perumahan tersebut.

Baca juga: 12 Daftar Perumahan di Alam Sutera, Tangerang

4. Fasilitas yang Ditawarkan

Source : Pexels

Kedua tipe perumahan ini memang memiliki fasilitas bersama namun jika dibandingkan secara menyeluruh cluster dirasa lebih unggul. Fasilitas yang ada di perumahan cluster bervariasi dan lebih lengkap daripada residence.

Pada residence hanya tersedia fasilitas standar seperti pos keamanan, tempat ibadah hingga taman. Sementara itu, bonus membeli rumah di perumahan cluster adalah berhak menggunakan fasilitas bersama yang ada. Biasanya pengembang menyediakan ruang terbuka hijau, area bermain anak, sarana olahraga seperti lapangan basket, dan tempat ibadah.

Keunikan lainnya dari fasilitas cluster adalah club house yakni fasilitas yang bisa dinikmati oleh penghuni dengan membayar iuran setiap bulan. Adapun fasilitas club house sendiri terdiri atas kolam renang, gym center, jogging track dan sebagainya.

5. Suasana dan Lingkungan Sekitar

Source : Pexels

Suasana perumahan cluster relatif sepi karena hanya terdiri atas beberapa unit rumah saja. Tidak banyak kendaraan berlalu lalang sehingga nyaman jika anak-anak beraktivitas di luar rumah. Lingkungan sekitar perumahannya terasa ramai karena dekat dengan akses jalan utama maupun pusat kota.

Residence memiliki unit yang lebih banyak sehingga lingkungan sekitar relatif ramai. Bersosialisasi di perumahan residence seperti Soreang Residence tergolong lebih mudah karena jarak antar unitnya berdekatan. Biarpun begitu keluar dari perumahan lalu lintas bisa saja lebih sepi karena terletak di area yang masih berkembang. 

6. Harga Rumah

Source : Pexels

Perbedaan perumahan cluster dan residence lainnya adalah dari segi harga. Perumahan cluster memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada residence. Biasanya membeli rumah di perumahan cluster bisa menghabiskan dana mulai dari Rp500 jutaan bahkan di atas Rp1 miliar per unit.

Sedangkan, residence bisa kurang dari harga tersebut karena lokasi hunian berada di pinggiran kota. Lahan perumahan di area sub-urban memang jauh lebih murah sebab masih perlu dilakukan pengembangan infrastruktur lebih lanjut daripada area kota yang telah terstruktur dengan baik.

7. Sistem Keamanan dan Akses Jalan

Source : Pexels

Walaupun sama-sama memiliki sistem keamanan sendiri namun cluster unggul sebab memiliki one gate system. Sistem keamanan ini hanya memiliki pintu masuk dan keluar tunggal. Nantinya ada sekuriti yang menjaga dan berpatroli guna melindungi perumahan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ada pula CCTV yang terpasang di setiap sudut perumahan untuk memantau setiap saat area perumahan cluster seperti di perumahan cluster Mutiara. Sementara residence memiliki fasilitas keamanan berupa pos keamanan. Sistem keamanan di perumahan ini tidak selengkap perumahan cluster

Baca juga: Pahami SOP Security Perumahan Demi Keamananmu

Apa Itu Cluster dan Non Cluster?

Perumahan cluster memiliki desain seragam, tidak berpagar dan berlokasi dekat pusat kota. Sementara itu, non cluster umumnya berada di pinggiran kota dan desain perumahan beberapa bisa diubah sesuai keinginan penghuni.

Perbedaan Rumah Cluster dan Subsidi

Rumah cluster identik dengan kalangan menengah atas yang memiliki fasilitas lengkap dan keamanan ketat. Rumah subsidi berlokasi di area yang berkembang dan layak huni dengan fasilitas standar. Walaupun begitu, harga rumah subsidi jauh lebih terjangkau daripada perumahan cluster sebab telah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download