BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti10 Pertanyaan Sebelum Menyewa Apartemen

10 Pertanyaan Sebelum Menyewa Apartemen

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Pertanyaan Sebelum Menyewa Apartemen

Menyewa apartemen bisa menjadi solusi untuk mendapatkan tempat tinggal yang nyaman di tengah kota seperti Jakarta. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum sewa menyewa apartemen. Berikut beberapa pertanyaan sebelum menyewa apartemen yang sebaiknya ditanyakan calon penyewa kepada agen atau pemilik unit. 

Layaknya mencari hunian, menyewa apartemen bukan perkara yang mudah. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari lokasi, harga sewa, biaya bulanan apartemen, hingga kebijakan penyewa yang harus kamu pertimbangkan sebagai calon penyewa. 

Daripada sewa, kamu bisa beli rumah di Bekasi seperti Samira Regency Bekasi atau The Mansion via Pinhome. Kamu yang ingin jual rumah bekas di Kab Bogor Utara bisa pasang iklan rumah di Pinhome

Baca juga: 8 Inspirasi Apartemen Minimalis Beserta Keunggulan dan Penataannya

Pertanyaan Sebelum Menyewa Apartemen

Pertanyaan Sebelum Menyewa Apartemen
Source : Pixabay

Praktik sewa menyewa itu sama seperti jual beli. Kamu sebagai calon penyewa tentu harus menanyakan banyak hal sebelum memutuskan untuk menyewa dan membawa uang sewa. Terlebih kamu akan menyewa apartemen sebagai hunian untuk diri sendiri dan keluarga. 

Untuk itu, kamu perlu menanyakan beberapa hal penting kepada pihak penyewa, baik yang melalui agensi atau pribadi. Berikut ini beberapa pertanyaan sebelum menyewa apartemen yang umum ditanyakan calon penyewa. 

1. Boleh Renovasi atau Tidak?

Menyewa apartemen tentu berbeda dengan menyewa rumah. Salah satunya terkait proses renovasi bagian yang mungkin rusak atau perlu perbaikan. Misalnya kerusakan pada kamar mandi sehingga kamu harus memperbaiki dan merenovasi kamar mandi.

Di apartemen, renovasi harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku. Untuk itu, kamu perlu bertanya apakah boleh melakukan renovasi selama masa sewa berlangsung. Jika boleh, apa saja yang bisa dilakukan renovasi dan bagaimana prosedurnya juga perlu ditanyakan. 

2. Boleh Bawa Hewan Peliharaan?

Beberapa apartemen tidak mengizinkan penghuninya membawa hewan peliharaan seperti anjing, kucing, maupun burung. Hal ini tentu akan menjadi masalah bagi kamu yang menyukai dan memiliki salah satu jenis hewan peliharaan itu. 

Maka kamu perlu menanyakan hal ini sebelum menyewa apartemen. Tanyakan kepada agensi atau pemilik unit apakah diperbolehkan membawa hewan peliharaan atau tidak. Jika tidak, maka kamu perlu mencari tempat lain yang mengizinkan membawa kucing atau anjing kesayangan. 

Baca juga: Tips Desain Interior Apartemen Sempit

3. Biaya Sewa dan Biaya Bulanan Lainnya?

Pertanyaan Sebelum Menyewa Apartemen
Source : Pixabay

Tanyakan juga terkait berapa biaya sewa yang harus kamu bayar untuk masa sewa tertentu. Tak kalah penting, kamu perlu menanyakan apa saja biaya bulanan yang harus kamu keluarkan selama menjadi penghuni di apartemen tersebut. 

Umumnya ada beberapa jenis biaya bulanan yang harus dibayarkan ketika menjadi penghuni apartemen. Misalnya, biaya IPL atau maintenance, biaya sinking fund, biaya parkir, biaya listrik dan air, hingga biaya internet dan laundry. 

4. Kenaikan Biaya Sewa?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya sewa sebuah rumah atau apartemen bisa saja mengalami kenaikan. Untuk itu, kamu perlu bertanya kepada pemilik unit yang akan disewa, seberapa sering biaya sewa mengalami kenaikan. 

Pertanyaan ini penting untuk mengukur kemampuan kamu ketika waktunya terjadi kenaikan harga. Selain waktu, kamu juga bisa menanyakan berapa besar kenaikan yang biasanya diterapkan. 

5. Sistem Keamanan

Pernyataan tentang sistem keamanan juga tidak kalah penting untuk disampaikan. Memang, apartemen memiliki sistem keamanan berlapis, namun di beberapa tempat, orang tanpa akses bisa saja masuk ke dalam. 

Maka kamu perlu bertanya tentang sistem keamanan yang diterapkan, mulai dari berapa akses pintu masuk yang disediakan, bagaimana flow seseorang dari basement apakah bisa langsung ke atas atau harus ke lobby terlebih dahulu, dan sebagainya. 

Baca juga: 10 Desain Apartemen Studio Type 21

6. Biaya Deposit

Pertanyaan Sebelum Menyewa Apartemen
Source : Pixabay

Deposit ditetapkan sebagai jaminan keseriusan penyewa dan melindungi barang-barang yang ada di unit yang disewakan. Biasanya, deposit ini berlaku pada unit semi atau full furnished sehingga pemilik punya jaminan ketika terjadi kerusakan pada perabot. 

Untuk itu, sebagai calon penyewa, kamu juga perlu menanyakan soal biaya deposit ini. Tanyakan berapa biaya yang harus dibayar, bagaimana ketentuan yang berlaku, dan berapa yang dikembalikan saat masa sewa berakhir. 

7. Apakah Ada Kerusakan?

Menyewa apartemen sebagai hunian tentu memerlukan kejelian agar mendapat unit yang nyaman. Namun, unit yang disewakan kebanyakan sudah pernah dipakai, sehingga berpotensi memiliki kerusakan. 

Untuk itu, calon penyewa perlu bertanya apa saja kerusakan yang terjadi. Termasuk ketika unit itu full furnished, tanyakan perabot apa yang masih berfungsi normal dan apa yang sudah rusak. Minta pemilik unit untuk merinci kerusakan-kerusakan tersebut. 

8. Perbaikan Dadakan

Bisa saja ketika kamu mulai menghuni unit sewa masih dalam kondisi baik, namun 1-2 bulan setelahnya terjadi kerusakan. Untuk itu, kamu perlu bertanya bagaimana proses untuk melakukan perbaikan dadakan, termasuk siapa yang menanggung biayanya. 

Baca juga: 8 Dokumen dan Surat Jual Beli Rumah yang Harus Disiapkan Sebelum Akad!

9. Apakah Ada Jatah Parkir?

Pertanyaan Sebelum Menyewa Apartemen
Source : iStock Photo

Seorang pemilik dan penghuni apartemen tentu mendapat jatah parkir untuk 1 mobil dan 1 motor. Namun kondisi ini bisa jadi berbeda ketika kamu statusnya hanya menyewa. Biasanya, penyewa akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir tergantung jenis kendaraan yang digunakan. 

10. Dimana Mencari Info Sewa Apartemen?

Sebagai calon penyewa, kamu perlu mengetahui mana tempat yang memberikan info sewa apartemen secara komprehensif. Untuk itu kamu bisa memilih Pinhome. Informasi yang diberikan cukup lengkap, mulai dari lokasi, tipe unit yang tersedia, hingga harga sewanya. 

Itulah beberapa pertanyaan sebelum menyewa apartemen yang perlu disampaikan dan ditanyakan kepada agensi atau pemilik unit. Semoga membantu!

Baca Juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Griya Parama dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download