BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiBegini Prospek Daerah Parung Panjang untuk Investasi Properti

Begini Prospek Daerah Parung Panjang untuk Investasi Properti

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Des 15, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
prospek daerah parung panjang

Parung Panjang merupakan daerah yang terletak di pinggiran Jakarta yang semakin menarik perhatian para investor properti. Berbagai faktor mendukung prospek daerah Parung Panjang untuk investasi properti yang menjadikannya pilihan menjanjikan dalam bisnis properti.

Memiliki hunian di lokasi strategis juga merupakan investasi properti yang terjamin. Maka dari itu Pins bisa menelusuri Rumah Eksklusif seperti Orchard Village atau rumah di Bogor lainnya. Selain rumah baru, ada rumah second di Kota Tangerang  yang cocok menjadi tempat tinggal sekaligus investasi properti jangka panjang.

Baca juga: 6 Keuntungan Investasi Rumah yang Perlu Kamu Ketahui!

Begini Prospek Daerah Parung Panjang untuk Investasi Properti

Source : Freepik

Parung Panjang menjadi sasaran utama dalam pengembang properti. Sebuah tren yang nyata terlihat melalui munculnya sejumlah besar perumahan elit di kawasan tersebut.

Fenomena ini turut diikuti oleh peningkatan harga rumah di wilayah tersebut. Sebuah informasi yang diperoleh oleh Tim D’House Hunter melalui berbagai tenaga pemasar perumahan.

Sebagai contoh, rumah-rumah di kompleks perumahan Puri Harmoni 8 yang pada tahun 2015 lalu ditawarkan dengan harga sekitar Rp 126 juta, saat ini mengalami peningkatan signifikan. Perumahan ini, yang menyediakan unit hunian subsidi, kini melepas unitnya dengan harga mencapai Rp 168 juta. 

Kenaikan harga ini mencerminkan dinamika pasar properti yang berkembang pesat di Parung Panjang. Menciptakan tantangan dan peluang baru bagi para calon pembeli dan investor properti.

Biasanya, kenaikan harga properti mencapai rata-rata sekitar 10%. Namun, saat ini menjadi lebih kompleks karena dampak masuknya banyak pengembang, yang pada akhirnya memberikan tekanan pada kenaikan harga. 

Kehadiran lebih banyak pengembang kadang-kadang malah mengakibatkan persaingan yang lebih ketat. Situasi ini dapat diperparah oleh krisis ekonomi akibat COVID-19, yang mempengaruhi daya beli konsumen Indonesia secara signifikan.

Persaingan antar pengembang bisa meningkat seiring dengan berkurangnya daya beli konsumen. Hal ini dapat menciptakan tantangan baru, di mana pengembang harus bersaing untuk menarik perhatian konsumen yang memiliki keterbatasan dalam daya beli. 

Oleh karena itu, strategi pengembangan properti yang bijak dan berorientasi pada kebutuhan pasar. Sehingga membuatnya menjadi semakin penting dalam menghadapi dinamika pasar yang dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal seperti pandemi dan krisis ekonomi.

Baca juga: Yuk Cari Tahu, Investasi Kondotel Apakah Menguntungkan?

Faktor Pendukung Prospek Investasi Parung Panjang

Source : VistaCreate

Berikut adalah beberapa faktor pendukung prospek daerah Parung Panjang untuk investasi properti yang harus Pins ketahui. Yuk, simak apa saja faktor yang mempengaruhinya.

1. Lokasi Strategis

Parung Panjang memiliki lokasi yang strategis, terletak di perbatasan antara Jakarta dan Bogor. Aksesibilitas yang baik ke pusat bisnis Jakarta membuatnya sangat diminati. Investor properti dapat memanfaatkan fakta ini untuk menarik minat konsumen yang mencari hunian yang terjangkau namun tetap terhubung dengan fasilitas perkotaan.

Baca juga: Cara Memilih Lokasi Investasi Properti yang Tepat dan 7 Kriterianya!

2. Pertumbuhan Ekonomi dan Populasi

Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan peningkatan jumlah penduduk di sekitar Parung Panjang menjadi faktor pendorong investasi properti. Dengan adanya lapangan pekerjaan dan perkembangan infrastruktur, daerah ini menarik bagi para calon penghuni yang mencari keseimbangan antara kehidupan perkotaan dan kemudahan akses ke fasilitas umum.

3. Pembangunan Infrastruktur

Rencana pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan transportasi umum di sekitar Parung Panjang dapat meningkatkan nilai properti. Investor dapat memperhatikan proyek-proyek ini sebagai indikator potensi pertumbuhan dan keberlanjutan nilai investasi properti mereka.

4. Kehadiran Fasilitas Pendidikan dan Kesehatan

Kehadiran fasilitas pendidikan dan kesehatan yang berkualitas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi investasi properti. Untuk keluarga yang mencari lingkungan yang mendukung perkembangan anak-anak dan memiliki akses mudah ke fasilitas kesehatan cenderung mencari hunian di sekitar daerah dengan fasilitas tersebut.

5. Potensi Kenaikan Harga Tanah

Dengan pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan, potensi kenaikan harga tanah di Parung Panjang dapat menjadi keuntungan bagi investor properti. Pemantauan tren pasar tanah dan kebijakan pemerintah setempat menjadi kunci untuk merencanakan investasi yang sukses.

Dinamika pasar properti yang tengah berkembang di wilayah Parung Panjang tidak hanya ditentukan oleh faktor harga yang cenderung naik sekitar 10%. Melainkan juga dipengaruhi oleh sejumlah variabel yang kompleks, termasuk regulasi dan kebijakan pemerintah terkait perizinan pembangunan.

Insentif bagi pengembang, perkembangan infrastruktur seperti pembangunan jalan tol dan fasilitas umum, perubahan tren gaya hidup dan preferensi konsumen terhadap properti berkonsep ekologis atau perkotaan. Ketersediaan lahan yang dapat menjadi faktor pembatas atau penggerak pengembangan properti.

Serta kondisi ekonomi makro termasuk suku bunga, tingkat inflasi, dan stabilitas ekonomi secara keseluruhan. Sambil mempertimbangkan perubahan dalam struktur demografi dan tingkat daya beli konsumen yang dapat memberikan dampak signifikan pada permintaan dan penawaran properti di kawasan tersebut.

Namun, seperti dalam setiap investasi, riset yang cermat, pemahaman pasar, dan pemilihan proyek yang tepat menjadi kunci keberhasilan. Investor yang mampu mengidentifikasi potensi pertumbuhan dan mengelola risiko dengan bijak dapat memanfaatkan prospek daerah Parung Panjang ini investasi properti.

Itu tadi informasi mengenai prospek daerah Parung Panjang untuk investasi properti yang bisa Pins pahami. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Baca juga: Untung Rugi Investasi Apartemen dan Cara Memilihnya dengan Tepat

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Alora Springhill dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download