BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiMengenal Rumah Ramah Anak dan 6 Ciri-cirinya!
0
0

Mengenal Rumah Ramah Anak dan 6 Ciri-cirinya!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah Ramah Anaktop-right-banner

Memiliki rumah ramah anak tidak hanya sekadar menjadi tempat yang nyaman untuk keluarga, Pins. Rumah yang kids friendly ternyata bisa meningkatkan estimasi nilai properti

Bagaimana tidak, ruangan yang aman dan terstruktur dengan baik untuk anak-anak bisa menjadi daya tarik. Investasi dalam menghadirkan fasilitas dan lingkungan yang ramah anak tentu bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang. 

Hal ini terutama berlaku ketika Pins hendak memasarkan iklan jual sewa properti agar laku di pasaran. Simak konsep rumah ramah anak-anak ini di sini!

Apa itu rumah ramah anak?

Rumah ramah anak adalah jenis rumah yang bisa membuat anak-anak tumbuh dan berkembang dengan optimal. 

Rumah yang sering disebut kids friendly home ini bukan hanya tentang desain interior yang menarik untuk anak-anak. Pins harus bisa menciptakan atmosfer yang mendukung perkembangan fisik, emosional, dan sosial mereka. 

Ada beragam alasan mengapa konsep rumah ini penting. Rumah menjadi tempat pertama di mana anak belajar tentang dunia, hubungan, dan lainnya. Ini merupakan panggung pertama mereka membangun pondasi masa depan. 

Sementara itu, anak yang tumbuh di rumah ini mungkin lebih merasa dicintai, dihargai, dan didukung. Hal tersebut membantu mereka tumbuh menjadi individu yang bahagia dan sehat secara emosional. 

Baca juga: 8 Tips Desain Rumah Ramah Lingkungan

Ciri-ciri rumah ramah anak

Rumah ramah anak dibangun di lingkungan yang puya fokus utama terhadap rasa nyaman, aman, dan bahagia. Misi utama dari konsep rumah ini adalah menciptakan ruang yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak

Tentu saja, tidak semua rumah mungkin kids friendly. Ada beberapa elemen atau ciri-ciri yang menandai rumah ramah anak-anak. Apa saja? 

1. Memprioritaskan keamanan

Dalam rumah ramah anak, keamanan adalah prioritas utama. Usahakan lingkungan rumah bebas dari potensi bahaya fisik, seperti sudut yang tajam hingga bahan kimia berbahaya. 

Selain itu, perhatikan penggunaan pengaman pada stopkontak, tangga, dan jendela untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan.

2. Menyediakan area bermain

Sediakan area bermain yang aman dan menarik bagi anak-anak. Pastikan mainan yang digunakan aman, non-toksik, dan tidak memiliki bagian yang bisa tertelan oleh anak. Pilih permainan yang sesuai dengan usia anak untuk memastikan kesenangan dan keselamatan mereka.

3. Memiliki pencahayaan dan ventilasi yang baik

Rumah yang ramah anak harus memiliki pencahayaan alami yang cukup dan ventilasi yang baik. Ini penting untuk menciptakan lingkungan yang segar dan sehat bagi anak-anak. Gunakan jendela yang besar dan pastikan adanya ventilasi yang memadai di dalam ruangan.

4. Menghadirkan zona belajar yang nyaman

Sediakan area belajar yang nyaman dan menginspirasi di dalam rumah. Ruang ini harus mendorong konsentrasi dan minat belajar anak. Ini bisa dilakukan dengan menyediakan meja dan kursi yang sesuai, tempat penyimpanan buku, dan materi belajar yang menarik.

Baca juga: 11 Tips Menata Kamar Untuk Tidur Dengan Anak Ternyaman

5. Kebersihan rumah yang rapi dan terjaga

Selalu jaga kebersihan rumah secara rutin untuk menjaga kesehatan anak-anak. Tidak hanya itu, tambahkan elemen dekoratif yang sesuai dengan minat anak, seperti lukisan, poster, atau wallpaper dinding untuk anak. Dengan begitu, lingkungan menjadi indah dan penuh kreativitas.

6. Taman atau halaman rumah yang aman

rumah ramah anak

Jika memungkinkan, sediakan taman di rumah atau halaman yang aman bagi anak-anak untuk bermain di luar ruangan. Pastikan area ini dilengkapi dengan mainan yang aman dan permukaan yang lembut untuk mencegah cedera. 

Dengan adanya taman yang ramah anak, mereka dapat menjalani waktu bermain yang menyenangkan dan berkembang dengan baik. 

Bagi Pins yang mencari rumah dengan taman atau halaman, coba deh cek di Pinhome. Dengan fitur Pencarian Properti yang canggih, kamu bisa menemukan rumah di Depok yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi keluarga dengan mudah!

Tips menciptakan rumah ramah anak

Jika Pins ingin menghadirkan beberapa elemen di atas guna menciptakan rumah ramah anak, ada beragam tips yang bisa diikuti. Ini tips-tipsnya!

1. Menggunakan perabot bersudut tumpul

Pertama, Pins bisa menghindari penggunaan perabotan bersudut lancip yang berisiko bagi anak-anak. Alih-alih tajam, cobalah gunakan perabot dengan sudut tumpul atau meja bundar untuk memastikan keamanan. 

Jika sudah terlanjur punya furnitur bersudut lancip, tambahkan pelindung berbahan karet pada sudut tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko cedera. 

2. Memilih cat dinding khusus area bermain

Untuk mengakomodasi kreativitas anak-anak yang suka menggambar di dinding, gunakan cat tembok ramah anak di area bermain. Jenis cat ini dapat menjaga dinding tetap bersih dan mudah dibersihkan jika anak-anak mencoret-coret. 

Meskipun lebih mahal, penggunaan cat ini disarankan untuk menjaga keindahan ruang bermain anak.

Baca juga: 13 Inspirasi Desain Kamar Tidur Anak Perempuan Menarik

3. Merapikan bagian yang tidak rapi

rumah ramah anak

Tips lainnya untuk menciptakan rumah ramah anak adalah mulai periksa permukaan dinding, lantai, dan perabot rumah tangga. Ini untuk memastikan tidak ada bagian yang tajam atau berbahaya bagi anak-anak. 

Perbaiki dan rapihkan bagian yang tidak rata atau berpotensi melukai anak-anak. Misalnya, meja, perabotan, atau lantai kayu yang mengelupas atau permukaan kaca yang tajam.

4. Memakai ruang penyimpanan yang tertutup

Untuk menghindari risiko barang jatuh dan melukai anak-anak, gunakan rak atau lemari dengan pintu tertutup sebagai ruang penyimpanan. Lemari tertutup juga dapat mencegah anak-anak yang suka iseng mengambil barang-barang dari dalamnya, menjaga keamanan dan kerapihan rumah.

5. Menyembunyikan stop kontak dan kabel

Pastikan stop kontak dan kabel listrik berada di tempat yang tidak mudah dijangkau oleh anak-anak. Gunakan jenis stop kontak pop up yang tidak dapat diakses oleh anak saat tidak digunakan. 

Selain itu, rapikan kabel listrik agar tidak berantakan dan menjadi potensi mainan bagi anak-anak. Jika perlu, pasang penutup kabel untuk keamanan tambahan.

6. Menggunakan lapisan lantai tambahan

Guna menciptakan rumah ramah anak, cobalah melapisi lantai dengan karpet atau alas tambahan. Cara ini bertujuan mencegah anak-anak terpeleset dan melindungi mereka saat terjatuh. 

Alas tambahan juga membuat lantai tidak licin dan memberikan perlindungan ekstra. Pilihlah karpet dengan motif yang sesuai dengan kesukaan anak-anak untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.

7. Menambahkan railing dan pagar pada tangga

rumah ramah anak

Untuk mencegah anak-anak mencoba menaiki atau menuruni tangga secara mandiri, pasang pagar tangga yang aman. Ini akan menghindari risiko jatuh atau cedera. 

Bagi anak-anak yang sudah lebih besar dan diizinkan menaiki tangga, pastikan railing yang aman terpasang. Dengan begitu, mereka akan lebih aman dan terlindungi ketika menggunakan tangga. 

8. Mendesain kamar mandi kering

Dalam konsep rumah ramah anak, desain kamar mandi kering sangat penting. Kamar mandi yang aman dan nyaman bagi anak-anak harus mempertimbangkan aspek kebersihan dan kenyamanan. 

Pastikan lantai kamar mandi memiliki anti-selip untuk menghindari kecelakaan. Gunakan peralatan sanitasi yang ramah anak, seperti kloset yang sesuai tinggi anak, dan tambahkan pegangan di dinding, bila perlu. 

Baca juga: 10 Desain Tempat Tidur Tingkat Untuk Anak Desain Minimalis


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download