BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa RumahKenali Apa itu Sinking Fund Apartemen? Keuntungannya dan Perbedaanya dengan IPL

Kenali Apa itu Sinking Fund Apartemen? Keuntungannya dan Perbedaanya dengan IPL

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Nov 24, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard

Sinking fund merupakan salah satu bentuk simpanan jangka panjang yang harus Kamu punyai sebagai salah satu langkah untuk menutupi pengeluaran darurat yang terjadi di masa yang akan datang. Singking fund apartemen adalah salah satu aspek penting, apalagi untuk para pemilik apartemen guna mempertahankan kondisi dan nilai jual dari apartemen yang dimiliki. Sinking fund apartemen juga dibutuhkan untuk menutupi biaya pemeliharaan gedung, sampai beberapa aspek penting lainnya.

Tanpa kehadiran sinking fund, pemilik apartemen bisa saja akan mengalami kesulitan jika terjadi suatu hal yang sifatnya darurat. Karena sifatnya yang tidak bisa dibebankan kepada satu pihak saja, singking fund apartemen wajib dimiliki oleh setiap pemilik apartemen. Pada artikel ini, Pinhome akan menjelaskan tentang sinking fund apartemen, keuntungannya, dan perbedaannya dari IPL.

Kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga:

Definisi Sinking Fund

sinking fund apartemen
Source : Pixabay

Untuk memperjelas, terdapat dua arti dari sinking fund itu sendiri. Jika dilihat dari sudut pandang pengelolaan keuangan, singking fund merupakan dana khusus yang harus disisihkan untuk pengeluaran di masa yang akan datang. Dana satu ini nantinya dapat digunakan untuk kepentingan yang telah direncanakan, misalnya seperti liburan, biaya sekolah, ataupun bahkan bujet untuk membeli suatu kendaraan.

Mirip dengan IPL, Dana yang satu ini adalah tabungan khusus untuk pengelolaan bangunan secara berkala. Jumlahnya dapat diatur berdasarkan kesepakatan dengan pihak yang menyewakan apartemen tersebut. Akan tetapi, biasanya sinking fund apartemen dibayar setahun sekali ataupun diangsur tiap bulan di muka, sebelum periode sewa dalam setahun selesai. Besaran yang biasa ditetapkan yaitu sekitar 10-15% dari iuran pengelolaan per bulannya.

Sinking fund juga merupakan sederet biaya yang harus disiapkan atau disisihkan dalam sebuah rekening terpisah untuk melunasi hutan, dana tambahan dari aset yang terdepresiasi, melunasi hutang masa depan, ataupun membayar hutan jangka panjang. Sinking fund dibutuhkan agar di kemudian hari tidak ada kekurangan budget yang dibutuhkan untuk membayar berbagai hal yang bersifat darurat.

Perbedaannya Sinking Fund dengan IPL

sinking fund apartemen
Source : Pixabay

Terdapat dua biaya tinggal di apartemen, yaitu service charge atau IPL dan sinking fund. Walaupun terbilang mirip, nyatanya terdapat perbedaan dari dua jenis biaya ini. Singkatnya, sinking fund merupakan sumber dana untuk perbaikan kerusakan yang muncul akibat pemakaian penyewa, dan tidak dapat diambil ketika penyewa pindah.

Di sisi lain, service charge atau IPL merupakan biaya yang dihitung berdasarkan jumlah biaya operasional dan perawatan benda, area dan tanah tiap bulannya. Biaya servis digunakan untuk membayar gaji petugas keamanan, pemeliharaan, kebersihan, dan perawatan apartemen, juga biaya operasional seperti lift dan listrik di lorong.

IPL biasanya dibayarkan per bulan, tiga bulan, ataupun setahun sekali. Biaya IPL apartemen juga jarang mengalami kenaikan, kecuali terdapat fasilitas apartemen baru yang ditawarkan oleh pihak developer. Sedangkan sinking fund dapat mengalami peningkatan sewaktu-waktu.

Fungsi Sinking Fund

Source : Pixabay

Seperti yang telah dijelaskan di atas, mengelola keuangan dapat membantu Kamu untuk menyiapkan sebuah simpanan yang dapat digunakan dalam kondisi darurat. Sinking fund mempunyai beberapa fungsi penting, seperi:

  • Sinking fund bisa menjaga nilai jual properti, karena properti yang Kamu miliki berada dalam keadaan yang baik
  • Sinking fund bisa dikategorikan sebagai salah satu bentuk dana darurat yang dapat digunakan untuk kondisi darurat seperti memperbaiki kerusakan yang terjadi pada apartemen.
  • Dalam sebuah perusahaan, sinking fund berguna untuk meringankan perusahaan ketika jatuh tempo pembayaran hutan telah tiba. BIaya tersebut dapat menjadi jaminan keamanan bagi para investor yang tertarik ingin melakukan pendanaan pada perusahaan.

Untung Rugi Sinking Fund

Source : Pixabay

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sinking fund mempunyai beberapa manfaat yang dapat membantu meringankan beban Kamu di kemudian hari. Dibalik dari beberapa keuntungannya, ternyata sinking fund juga mempunyai beberapa kerugian. Berikut ini beberapa kerugian yang harus Kamu perhatikan.

  • Sinking fund wajib disiapkan dan dibayar di awal ketika Kamu ingin membeli ataupun menyewa apartemen. Oleh sebab itu, Kamu harus menyiapkan budget lebih ketika ingin membeli ataupun menyewa suatu apartemen
  • Sinking fund biasanya akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kamu harus mengeluarkan biaya lebih untuk menyiapkan biaya darurat tersebut.
  • Berbeda dari uang deposit, sinking fund apartemen sifatnya permanen atau tidak dapat diambil kembali. Jika Kamu mempunyai rencana untuk menjual apartemen, Kamu harus memasukkan biaya sinking fund pada harga dari apartemen yang ingin Kamu jual.

Itu dia penjelasan tentang apa itu sinking fund, kelebihannya, dan perbedaannya dengan IPL. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download