BlogPemilik PropertiFinansialMudah! Begini Cara Membuat Catatan Tabungan di Buku Tulis

Mudah! Begini Cara Membuat Catatan Tabungan di Buku Tulis

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Okt 8, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara membuat catatan tabungan di buku tulis

Pins, setiap kali gajian pasti kamu akan berbelanja kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan bulanan. Namun, permasalahan umum yang biasa dihadapi dalam berbelanja adalah mencatat pengeluaran dan tabungan yang dikeluarkan maupun pemasukan. Nah, bagaimana cara membuat catatan tabungan di buku tulis yang baik?

Kamu yang tinggal di Orchard Village dan Nismara Harapan Indah pasti ingin tahu cara membuat catatan tabungan di buku tulis aesthetic, bukan? Apalagi kamu yang tinggal di perumahan di Jakarta Selatan.

Eits, sebelum itu kamu juga bisa sembari mencari tahu estimasi harga rumah dan program KPR di Pinhome, lho! 

Apa Pentingnya Membuat Catatan Tabungan?

Source : salamyogyakarta.com

Membuat catatan tabungan memiliki banyak manfaat dan penting dalam mengelola keuangan pribadi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa membuat catatan tabungan penting. Yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Baca juga: Nyaman di Rumah dengan Gaya Hidup Berkelanjutan

1. Pemantauan Pengeluaran

Source : rencanamu.id

Dengan mencatat setiap transaksi, Pins dapat melacak berapa banyak uang yang kamu habiskan setiap bulan. Ini membantu kamu memahami pola pengeluaran kamu dan menemukan area di mana kamu bisa menghemat uang.

2. Perencanaan Keuangan

Dengan mencatat setiap transaksi, Pins dapat melacak berapa banyak uang yang kamu habiskan setiap bulan. Ini membantu kamu memahami pola pengeluaran Pins dan menemukan area di mana kamu bisa menghemat uang.

3. Pengendalian Utang

Source : glints.com

Dengan mencatat semua utang dan cicilan, Pins dapat menghindari terlilit utang yang tidak terkendali. Pins akan tahu kapan dan berapa besar cicilan yang harus kamu bayar, sehingga kamu dapat mengatur keuangan sesuai dengan itu.

4. Menghindari Pengeluaran Lebih

Dengan memiliki catatan tabungan yang jelas, Pins akan lebih sadar tentang uang yang tersedia dan berapa yang telah Pins habiskan. Hal ini dapat membantu Kamu menghindari pengeluaran berlebihan atau pemborosan.

5. Mengukur Kemajuan Finansial

Source : suara.com

Catatan tabungan juga memungkinkan Pins untuk melihat kemajuan finansial Pins dari waktu ke waktu. Kamu dapat melihat seberapa cepat tabungan kamu bertambah atau utang kamu berkurang. Hal ini dapat memberimu motivasi untuk mencapai tujuan keuangan Pins.

Baca juga: 6 Cara Agar Tidak Boros, Bikin Kaya & Mencapai Financial Freedom!

6. Pengelolaan Investasi

Jika Pins memiliki investasi, seperti saham atau obligasi, catatan tabungan akan membantu Pins melacak kinerja investasi kamu. Kamu dapat melihat apakah investasi menguntungkan atau tidak, dan mengambil keputusan berdasarkan data ini.

7. Persiapan Pensiun

Source : suara.com

Mencatat tabungan juga membantu Pins merencanakan pensiun. Dengan mengetahui berapa banyak uang yang telah kamu tabung, Pins dapat memastikan bahwa Kamu memiliki dana yang cukup untuk pensiun yang nyaman.

8. Pemecahan Masalah Keuangan

Jika Pins mengalami masalah keuangan atau menghadapi kendala keuangan, catatan tabungan dapat membantu kamu menganalisis sumber masalah dan mencari solusi yang sesuai.

9. Menghindari Penipuan atau Kesalahan

Source : ajaib.co.id

Dengan catatan tabungan yang rapi, Pins lebih mungkin mendeteksi kesalahan atau transaksi yang mencurigakan. Hal ini dapat membantu kamu melindungi keuangan kamu dari penipuan atau kesalahan yang merugikan.

Baca juga: Apa itu Hidup Minimalis?

Cara Membuat Catatan Tabungan di Buku Tulis

Meskipun saat ini banyak aplikasi dan alat digital yang tersedia untuk memantau keuangan, tetapi cara klasik dengan membuat catatan tabungan di buku tulis tetap menjadi pilihan yang baik, terutama bagi mereka yang lebih suka pendekatan sederhana dan tanpa teknologi. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat catatan tabungan di buku tulis Pins.

1. Pilih Buku Tulis yang Cocok

Source : hipwee.com

Pertama, Pins perlu memilih buku tulis yang akan digunakan khusus untuk mencatat tabungan. Pastikan buku tulis tersebut cukup besar untuk mencatat setiap transaksi dengan rapi. Sebaiknya pilih buku tulis dengan kertas tebal agar catatan kamu tetap terbaca dan tidak mudah rusak.

2. Buat Format Catatan

Source : binus.ac.id

Sebelum mulai mencatat transaksi, tentukan format yang akan Pins gunakan. Bagian utama dalam catatan tabungan meliputi:

  • Tanggal: Tanggal transaksi.
  • Deskripsi: Deskripsi singkat transaksi, misalnya “belanja bulanan,” “bayar sewa,” atau “makan malam.”
  • Pemasukan: Catat semua sumber pemasukan uang, seperti gaji atau pendapatan lainnya.
  • Pengeluaran: Catat semua pengeluaran, termasuk pembayaran tagihan, belanja, dan hal lain yang Pins keluarkan uang untuk.
  • Saldo Akhir: Hitung saldo akhir setelah setiap transaksi. Ini dapat Pins lakukan dengan mengurangkan pengeluaran dari saldo sebelumnya atau menambahkan pemasukan.

3. Catat Setiap Transaksi

Source : my-best.com

Setiap kali Pins menerima uang atau mengeluarkan uang, catat transaksi tersebut dalam buku tulis Pins sesuai format yang telah Pins tentukan. Pastikan untuk mencatat setiap transaksi secara teliti dan akurat. Ini termasuk mencantumkan jumlah uang yang Pins terima atau keluarkan.

Baca juga: Contoh Sikap Westernisasi

4. Tetap Konsisten

Source : solopos.com

Kunci dari pencatatan tabungan yang efektif adalah konsistensi. Usahakan untuk mencatat setiap transaksi segera setelah Pins melakukannya. Jika kamu menunggu terlalu lama, Pins mungkin lupa atau kesulitan mengingat detailnya.

5. Lakukan Pemantauan dan Analisis

Source : bp-guide.id

Sekarang, Pins dapat menggunakan catatan tabungan kamu untuk melihat pola pengeluaran Pins. kamu dapat mengidentifikasi area di mana Pins bisa menghemat uang, mengukur perkembangan keuangan kamu, dan merencanakan anggaran untuk kebutuhan mendatang.

Itu saja informasi mengenai cara membuat catatan tabungan di buku tulis. Semoga penjelasannya bisa kamu pahami lebih dalam ya. 

Baca juga:

Sumber featured image: sipwriter.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download